Thoriqoh Shiddiqiyyah

PENDIDIKAN DALAM SUDUT PANDANG SHIDDIQIYYAH

Dalam sudut pandang Shiddiqiyyah, Pendidikan adalah sesuatu yang maha penting, karena kita tidak ingin meninggalkan putra-putri kita di “Taman Dunia” ini hanya sebagai buih yang diterbangkan angin kian kemari dan musnah ketika ditimpa panasnya sinar matahari.

Menurut Imam Ghozali, pendidikan adalah menumbuhkan sesuatu selangkah demi selangkah sampai tingkat sempurna. Sehingga hakikat pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang dapat menumbuhkembangkan fitroh taqwa dan menekan fitroh fujur (jelek) sampai berbuah amal sholih.

Karena itulah maka bapak Moch Muchtar Mu’thi (Mursyid thoriqoh Shiddiqiyyah) mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama Tarbiyyah Hifdhul Ghulam wal Banat yang artinya Pendidikan penjagaan anak laki-laki dan anak perempuan.

 

TENTANG THGB

Tarbiyyah Hifdhul Ghulam wal Banat (THGB) adalah lembaga pendidikan di lingkungan thoriqoh Shiddiqiyyah yang didirikan pada tanggal 12 R.Awal 1406 H / 25 Nopember 1985 sesuai akta no. 137 tahun 1973 (Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah) di hadapan Gusti Djohan (notaris Surabaya).

THGB didirikan di atas lahan seluas kurang lebih 7.242 m2, dengan luas bangunan kurang lebih 1.518 m2. Jumlah tenaga pendidik seluruhnya 76 orang. Fasilitas yang tersedia meliputi ruang belajar mengajar, ruang guru, ruang perpustakaan, kantin, lapangan olahraga, asrama putra dan asrama putri, masjid/mushola, koperasi, ruang UKS, ruang konseling, ruang administrasi dan sarana pendukung lainnya.

THGB didirikan sebagai lembaga pendidikan yang mnegutamakan bekal keilmuan kepada putra-putri warga Shiddiqiyyah sebagai berlian hidup, berlian berfikir yang menyinari Nusantara agar menjadi hamba Alloh yang bersyukur (abdan syakuro).

Dalam perkembangannya, THGB sebagai lembaga pendidikan memiliki jenjang sebagai berikut :

1.      Isti’dadu lil Bustanil Ula (setingkat taman kanak-kanak) dengan masa pendidikan 1 tahun

2.      Bustanul Ula (setingkat sekolah dasar) dengan masa pendidikan 4 tahun

3.      Bustanuts Tsani (setingkat sekolah menengah) dengan masa pendidikan 4 tahun

4.      Bustanuts Tsalist (setingkat sekolah menengah atas) dengan masa pendidikan 4 tahun

5.      Isti’dadul lill Maqooshidul Qur’an (persiapan Maqooshidul Qur’an atau IMQ) setara D2 terdiri dari 2 (dua) fakultas yaitu fakultas Keguruan dan fakultas Manajemen. Pelajaran inti yang diterima oleh para mahasiswa di kedua fakultas tersebut adalah mata kuliah maqooshidul Qur’an (maksud-maksud Al Qur’an) yang diberikan oleh bapak Kyai Moch. Muchtar Mu’thi.

 

VISI dan MISI

Visi THGB adalah “ALHAMDULILLAAHIROBBIL’AALAMIIN” , Segala Puji Hak Alloh Pendidik Alam Semesta.

 

Misi THGB adalah :

1.      Mencapai Ridlo Ilahi melalui Syukur

2.      Menumbuhkembangkan kebaikan dengan syukur

3.      Dengan air ruhaniyyah menghidupkan bumi kemanusiaan untuk menghidupkan benih-benih
         Fithroh Taqwa dan menekan perkembangan Fithroh Fujur

4.      Mempersiapkan generasi-generasi muda pejuang Shiddiqiyyah

5.      Memanunggalkan kesadaran berkeTuhanan dan berperikemanusiaan.

6.      Mencetak generasi yang berakal cerdas, berhati qolbin salim dan berjasmani yang sehat.

 

CIRI KHAS THGB

Dalam menjalankan proses belajar mengajar, THGB memiliki kekhasan tersendiri dibanding dengan lembaga pendidikan formal pada umumnya. Kekhasan tersebut diantaranya :

a.       Kalender pendidikan

THGB melaksanakan belajar mengajar berdasarkan kalender Hijriah, mengawali tahun baru setiap bulan Syawal dan akhir kegiatan belajar mengajar pada bulan Sya’ban. Hari libur sekolah jatuh pada hari Jum’at dan libur akhir tahun adalah tiap bulan Ramadhan.

b.      Sumber pendidikan

Materi pendidikan yang diajarkan THGB adalah mengambil dari Al Qur’an dan Hadist Rasululloh, Tarikh (sejarah) para Nabi, Sahabat, sholihin, Pembukaan UUD 1945, Sejarah Nasional, segala alam dan bahan lain yang dianggap perlu. Sumber-sumber tersebut dipadukan dalam buku pedoman Garis-Garis Besar Program Pendidikan Hifdhul Ghulam wal Banat yang disusun oleh bapak Kyai Moch. Muchtar Mu’thi. Materi pendidikan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu Kitabul Kalam meliputi pelajaran-pelajaran agama dan Kitabul Kaun meliputi pelajaran-pelajaran umum.

c.       Materi pendidikan

Sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, THGB mempunyai enam pelajaran wajib bagi peserta didiknya, yaitu Ma’rifatuddin (pengetahuan agama), Ma’rifatulloh (mengenal Alloh), Husnul Khuluq (budi pekerti yang baik), Tarikhul Anbiya’ (sejarah Nabi), Ulumul Qur’an (ilmu Al Qur’an) dan Hubbul Wathon (Cinta Tanah Air).

d.      Kegiatan kesiswaan

Setiap kegiatan siswa sesuai jenjang pendidikannya dikelola oleh suatu organisasi kesiswaan yang disebut Nidhom Dakwah Islamiyah (NDI) yang meliputi kegiatan ekstra kurikuler diantaranya seni musik, seni lukis.

 

PENERIMAAN MURID BARU

THGB membuka pendaftaran murid baru setiap bulan Rojab s/d Sya’ban dengan ketentuan anak umur 4,5 s/d 13 tahun.

Untuk tingkat Isti’dadu Lil Bustanil Ula (setingkat taman kanak-kanak) menerima anak usia 4,5 s/d 5 tahun.

Tingkat Bustanul Ula menerima anak usia 6 s/d 10 tahun.

Tingkat Bustanust Tsani menerima anak usia 11 s/d 13 tahun.

Pendaftaran murid baru disertai dengan kelengkapan administrasi, seperti copy akta lahir, copy kartu keluarga, surat keterangan sehat dari dokter, copy ijazah & raport pendidikan sebelumnya (apabila sudah pernah sekolah), pengisian formulir, mengisi surat pernyataan kesanggupan menjadi walimurid, serta melengkapi biaya pendaftaran ( uang gedung, bangku, ta’awanah / SPP, seragam, kostum olahraga, buku pelajaran awal, biaya administrasi dll ).

Semua murid baru akan dievaluasi berdasarkan pendidikan sebelumnya, kemampuan anak dan usia, untuk dimasukkan di tingkat yang sesuai.

Tempat pendaftaran di kantor THGB pada jam kerja : pagi jam 08.00 s/d 11.30 WIB, siang jam 12.30 s/d 17.00 WIB. Hari Jum’at libur.

 

 PENGEMBANGAN THGB

a.       Pengembangan sumber daya manusia

Untuk mendukung dan meningkatkan mutu para pengajar, THGB mengadakan pelatihan guru dan studi banding ke lembaga pendidikan lain. Selain itu THGB juga bekerjasama dengan intansi-instansi terkait untuk memberikan penyuluhan guna meningkatkan wawasan siswa dan guru mengenai suatu masalah. Contoh : kesehatan, pertanian dan lain-lain.

THGB juga bekerjasama dengan dunia industri untuk memberi kesempatan magang bagi mahasiswa IMQ. THGB akan terus melakukan terobosan baru guna meningkatkan sumber daya manusia baik peserta didik, maupun pengajarnya.

 b.      Pengembangan sarana dan prasarana

Untuk mendukung proses belajar mengajar THGB secara bertahap disiapkan ketersediaan sarana dan prasarana berupa pembangunan lokal baru, ruang perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya.

 

PARTISIPASI PENGEMBANGAN THGB

Segenap pengurus THGB mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh warga Thoriqoh Shiddiqiyyah yang telah turut serta mengembangkan Tarbiyyah baik dalam bentuk materi maupun non materi.

Untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan kepada anak didik, kami nantikan partisipasi seluruh warga Thoriqoh Shiddiqiyyah. Partisipasi berupa dana dapat dikirim ke no. rekening :

Bank Mandiri Cabang Jombang
No. Rekening : 142-000567-0939
A.n. : Moch. Muchtar Mu’thi / S. Ummah

 THGB juga memberi kesempatan kepada para simpatisan yang ingin memberikan sumbangan berupa buku penunjang pendidikan (layak baca), alat peraga atau alat bantu pendidikan lainnya melalui kantor THGB.

Alamat Kantor Tarbiyyah Hifdhul Ghulam wal Banat
Kompleks Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah
Jl.Raya Ploso Babat
Ds. Losari Kec.Ploso, Kab Jombang
Jawa Timur
Telp : 0321-884114
Faks : 0321-889526
Email : thgb_12@yahoo.co.id