Thoriqoh Shiddiqiyyah

Profil Organisasi Shiddiqiyyah serta Organisasi Otonom

ORGANISASI SHIDDIQIYYAH (ORSHID)

Organisasi Shiddiqiyyah didirikan dengan dijiwai oleh manunggalnya keimanan dan kemanusiaan.

Organisasi Shiddiqiyyah bertujuan untuk menaungi dan melindungi kegiatan warga Shiddiqiyyah; menumbuhkembangkan sifat hati yang terpuji dan menghapuskan sifat hati yang tercela; serta meningkatkan kesejahteraan warga Shiddiqiyyah dan masyarakat pada umumnya.

 

Sejarah Pendirian Organisasi Shiddiqiyyah (ORSHID)

Thoriqoh Shiddiqiyyah dihidupkan kembali oleh Bpk.Kyai Moch. Muchtar Mu’thi pada tahun 1958M di Indonesia setelah tidur selama lebih dari 900 tahun. Ini terjadi sejak meninggalnya Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah melalui silsilah sahabat Salman Al Farisy, Asy Syaikh Muhammad Amin Kurdi Al Irbili ra. (wafat 1332H) di kota Irbil (Irak). Sedangkan pelajaran Shiddiqiyyah yang diajarkan oleh Bpk Kyai Moch. Muchtar Mu’thi mengambil dan melanjutkan pelajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah melalui jalur silsilah Sayyidina Ali ra dari Guru Beliau Syaikh Ahmad Syuaib Jamali al Banteni ra.

Sejak saat itu jumlah murid yang menuntut ilmu dari Beliau dan kegiatan yang dilakukan semakin berkembang. Kegiatan tersebut utamanya pada bidang pendidikan, sosial keagamaan, ekonomi dan kebangsaan. Ajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah diakui Pemerintah tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam berdasarkan surat pengakuan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur yang dikirim kepada Kejaksaan Agung Jakarta pada tanggal 30 Juni 1973 dengan no: R-1448/I/5.1.1./5/1973.

Kegiatan yang semula berpusat di kompleks Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah di Desa Losari Ploso, Jombang, Jawa Timur, selanjutnya berkembang dan menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Perkembangan ini ditindaklanjuti oleh Beliau selaku Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah dengan mendirikan satu organisasi kemasyarakatan (ormas) dengan nama Organisasi Shiddiqiyyah (ORSHID) pada tanggal 30 Rajab 1422H/ 17 Oktober 2001 di Losari Ploso, Jombang. Sebagai ormas, ORSHID telah tercatat di Kesbang Hubungan Kelembagaan Politik Departemen Dalam Negeri RI dengan nomor inventarisasi : 72/D.I/IV/2002.

 

Kegiatan ORSHID

Shiddiqiyyah menjadikan SHILLATURRAHMI, SANTUNAN, dan SHODAQOH yang dikenal dengan S3 sebagai ciri khas kegiatan. Sehingga hal tersebut diterapkan dalam enam aktifitas departemental ORSHID yang meliputi :

1.  Dept. Organisasi melakukan pengembangan dan pelatihan keorganisasian serta pendataan anggota
2.  Dept. Hubungan Antar Lembaga (HAL) memfasilitasi, memotivasi dan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga otonom di lingkungan Shiddiqiyyah
3.  Dept.Pendidikan memfasilitasi pelaksanaan program pendidikan di lingkungan Shiddiqiyyah
4.  Dept. Kemakmuran memfasilitasi usaha-usaha meningkatkan kemakmuran warga Shiddiqiyyah
5.  Dept. Hukum memfasilitasi usaha-usaha pembelaan hukum, pendataan asset Shiddiqiyyah dan perlindungan atas hak karya intelektual (HAKI) Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah.
6.  Dept. Humas menjalankan kegiatan kehumasan di lingkungan Shiddiqiyyah bekerjasama dengan media massa, instansi ataupun organisasi di luar lingkungan Shiddiqiyyah.

Dalam menjalankan misi organisasi, ORSHID tidak berpolitik praktis namun terbuka bagi kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga, instansi maupun organisasi lainnya.

 

Perkembangan ORSHID Hingga Kini

Sejak didirikan, ORSHID terus mengalami perkembangan. Hingga tahun 2008 telah terbentuk 17 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di tingkat propinsi di Indonesia, 2 Perwakilan Luar Negeri di Malaysia dan Singapura, 103 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat kabupaten/kotamadya dan 603 Dewan Pimpinan Cabang di tingkat Kecamatan.

Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat sebaran murid-murid Thoriqoh Shiddiqiyyah yang berada di Indonesia dan luar negeri.

 

Lembaga Otonom di Lingkungan Shiddiqiyyah

Selain ORSHID, di lingkungan Thoriqoh Shiddiqiyyah juga berkembang organisasi otonom yang masing-masing mempunyai kekhasan dalam tugas dan program kerjanya. Hingga tahun 2008 ada 11 organisasi otonom yang diakui di lingkungan Shiddiqiyyah yaitu :

1. Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah (PMBS) dirintis sejak tahun 1959M dan resmi beraktifitas pada tahun 1974M; bergerak di bidang pendidikan kethoriqohan di sekitar lingkungan pesantren.

2. Yayasan Pendidikan Shiddiqiyyah (YPS) didirikan tahun 1973M; bergerak di bidang pendidikan kethoriqohan di Daerah.

3. Jam’iyyah Kautsaran Putri Fathimah binti Maimun Haajarulloh Shiddiqiyyah didirikan pada 5 Rajab 1401H/ 19 Mei 1981 merupakan organisasi kelompok-kelompok pengajian Kautsaran yang dikelola kaum putri.  Keterangan : Kautsaran adalah bacaan wirid yang bersumber dari Al-Qur’an yang disusun oleh Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah Bpk. Kyai Moch.Muchtar Mu’thi.

 4. Tarbiyyah Hifdhul Ghulam wal Banaat (THGB) didirikan pada 12 Rabiul Awwal 1406H/ 25 November 1985M; bergerak di bidang pendidikan formal dari sekolah setingkat SD hingga Diploma dan sedang merintis perguruan tinggi.

5. Dhilal Berkat Rohmat Alloh (DHIBRA) didirikan pada 17 Rabiul Awwal 1422H/ 9 Juni 2001M; bergerak di bidang sosial kemanusiaan berupa santunan fakir miskin dan anak yatim, santunan korban bencana alam, pendirian rumah layak huni.

6. Yayasan Sanusiyah Abdul Ghofar (YSAG) didirikan tahun 2000M; bergerak di bidang usaha pengelolaan sumber daya alam di kawasan Makam Kyai Achmad Sanusi Abd. Ghofar di Kabuh, Jombang, Jawa Timur.

7. Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID) didirikan tahun 2001M; bergerak dalam bidang usaha menumbuhkembangkan potensi kepemudaan dan aktifitas sosial keagamaan.

8. Lembaga Teknologi Informasi Shiddiqiyyah (LTIS) didirikan pada 17 Rojab 1425H/ 1 Sept 2004M; bergerak di bidang dukungan (support) pengembangan teknologi informasi (IT) di lingkungan Shiddiqiyyah sekaligus sebagai pengelola situs resmi Shiddiqiyyah ( www.shiddiqiyyah.org ) dan mailing list warga Shiddiqiyyah (ploso@yahoogroups.com).

9. Ikhwan Roudlur Riyaahin Minal Maqoosidhil Qur’anil Mubiin I didirikan pada 27 Syawal 1418H.

10. Ikhwan Roudlur Riyaahin Minal Maqoosidhil Qur’anil Mubiin II didirikan pada 1 Rabiul Awwal 1425H/ 21 April 2004M.

11. Ikhwan Roudlur Riyaahin Minal Maqoosidhil Qur’anil Mubiin III didirikan pada 29 Rajab 1426H/ 2 Sept 2005M;

Bidang aktivitas kegiatan Ikhwan I, II dan III adalah melestarikan keilmuan Shiddiqiyyah dalam bentuk dokumentasi maupun penerbitan buku-buku pengajian Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah.

 

Santunan sebagai Ciri Khas Shiddiqiyyah

Sebagai Dewan Pemelihara Organisasi di Lingkungan Shiddiqiyyah, Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah menghimbau agar tiap Organisasi menjadikan Santunan sebagai salah satu agenda kegiatan wajib.

Di  luar agenda santunan yang dilakukan organisasi tersebut, DHIBRA Pusat sebagai lembaga yang secara khusus menangani program santunan di lingkungan Shiddiqiyyah telah melakukan kegiatan santunan yang diikuti oleh seluruh murid-murid Thoriqoh Shiddiqiyyah.

Seluruh dana dari warga yang tersalur sepenuhnya adalah dari swadaya murid dan simpatisan Shiddiqiyyah, sama sekali tidak melibatkan dana dari pemerintah, organisasi maupun instansi lainnya.

 

Program Pembangunan 2000 Jamiatul Mudzakkirin

Salah satu program Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah yang disambut oleh para murid adalah program Pembangunan 2000 Jaamiatul Mudzakkirin. Untuk mewujudkan program tersebut, ORSHID telah memfasilitasi penggalangan dana dari murid-murid yang peduli, bekerjasama dengan Bank Mandiri Cab. Jombang dan secara periodik melaporkan perkembangan dana tersebut melalui majalah Al Kautsar sebagai media komunikasi di lingkungan Shiddiqiyyah.

Sifat keikutsertaan dalam mendukung program tersebut adalah sukarela dan sama sekali tidak ada paksaan dari Mursyid kepada para murid.

Keterangan : Jaamiatul Mudzakkirin adalah tempat untuk bertemu, berkumpul dan mengadakan dzikir serta do’a bersama sekaligus sebagai tempat memberikan pelajaran Thoriqoh Shiddiqiyyah

 

Menumbuhkembangkan rasa CINTA TANAH AIR

Sejak awal perkembangannya, Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah telah menanamkan rasa Cinta Tanah Air kepada para murid. Ini dilakukan dengan membuat syarat masuk Thoriqoh Shiddiqiyyah salah satunya adalah Sanggup Cinta kepada Tanah Air Indonesia bagi murid-murid berkebangsaan Indonesia dan Tanah Air masing-masing bagi yang berkebangsaan lainnya.

Usaha tersebut juga dilakukan dengan menjadikan mata pelajaran Cinta Tanah Air dalam kurikulum sekolah milik Thoriqoh Shiddiqiyyah yang dikelola oleh THGB; membangun monumen-monumen yang mencerminkan rasa Cinta Tanah Air di lingkungan Pesantren Majmaal Bahrain Shiddiqiyyah; memprakarsai berdirinya Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan yang melibatkan komunikasi lintas agama (ukhuwah diiniyah); memprakarsai kegiatan Silaturrahmi dan Pameran Pesantren se-Indonesia sebagai usaha untuk merekatkan bangsa menumbuhkembangkan rasa Cinta Tanah Air.

Demikian sehingga semangat Cinta Tanah Air juga menjadi salah satu ciri khas yang mewarnai aktivitas kegiatan di lingkungan Shiddiqiyyah.

 

ALAMAT SEKRETARIAT DPP ORSHID:
Pesantren Majma’al Bahrain (Shiddiqiyyah)
Losari-Ploso-Jombang-Jawa Timur
Telp : (0321) 889420 – 6269672
Email : dpp_orshid@yahoo.com ; dpp.orshid@shiddiqiyyah.org

 

Alamat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ORSHID

1. DPW Jawa Timur

Wisma Cokro Kembang Shiddiqiyyah, Jl Brigjen Kretarto 10-A Kav A-10 Sambong Jombang.
Telp. 08155017988 (Drs. Fathur Rohman)

Jumlah DPD 28 :

Kota Kediri, Kab.Kediri, Tulungagung, Kota Batu, Kab. Malang, Pasuruan, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Trenggalek, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Sidoarjo, Kota Surabaya, Sampang, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Ngawi.


2. DPW Jawa Tengah

Jl. Masjid Besar no. 12 Kauman I/6 Suruh, Salatiga Semarang 50776
Telp. : 08122551807 (A. Chozinuddin)

Jumlah DPD 27 :

Sragen, Klaten, Kota Surakarta, Boyolali, Salatiga, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Purwodadi, Kendal, Karang Anyar, Kab.Pekalongan, Pemalang, Banyumas, Kebumen, Blora, Kota Semarang, Purbalingga, Batang, Wonosobo, Kota Magelang, Kab. Magelang, Kota Pekalongan, Kab. Purworejo, Tegal


3. DPW Jawa Barat

Jl. Kebon Gedang No. 99 Bandung.
Telp : 022-7331293 (Dani Kusnadi).

Jumlah DPD 7 :

Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Bekasi, Bogor, Karawang, Depok


4. DPW Yogyakarta

Godean Km 5 Kampung Patran RT 05/ RW 01 Kel. Banyuraden, Gambing.
Telp: 0818279244 (Ir. Purnomo).

Jumlah DPD 5 :

Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo.


5. DPW DKI Jakarta

Kemanggisan Ilir IX A No. 44A Komp. Migas 44 Slipi, Jakarta Barat.
Telp: 0818779546 (Riyanto).

Jumlah DPD 5 :

 Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta, Timur, Jakarta Barat.


6. DPW Banten

Jl. Hidup Baru I no. 6 RT 09/RW 01 kel. Sudimara Pinang Kec.Pinang Kota Tangerang.
Telp : 021-7312677 (Herry Susetyo)

Jumlah DPD 1 :

Tangerang.


7. DPW Bali

>Jl. Patih Nambi IV/12 – Bali
Telp: 087861129767 (Soegono)

Jumlah DPD 2 :

Badung, Denpasar.


8. DPW Lampung

Jl. Proklamator no 14B, Bandarjaya Timur, Lampung Tengah
Telp : 08127280888 (A. Rosyidi Asnawi)

Jumlah DPD 7 :

Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang, Waikanan.


9. DPW Bengkulu

Jl. Tembok Baru no. 31 Anggut Bawah, Bengkulu.
Telp : 0736-345827 (Bima Mandala).

Jumlah DPD 5 :

Kodya Bengkulu, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Seluma


10. DPW Jambi

Jl.Kenanga II RT 6 No. 26 Sei Kambang Simp. IV Sipin Jambi
Telp : 081366097928 (Nazirman)

Jumlah DPD 2 :

Batang Hari, Jangga Baru


11. DPW Sumatera Utara

Komp. Taman Setia Budi Indah Blok CC-3, Medan.
Telp : 08126021120 (Sri Emiyati)

Jumlah DPD 4 :

Deli Serdang, Labuhan Batu, Kota Medan, Serdang Berdagai.


12. DPW Sumatera Selatan

Jl. Sultan Mahmud Badaruddin Lorong Sebimbing No. 604 Sukaraja Baturaja-Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Kode Pos 32112
Telp: 0735-320497 (Zulkifli Shollah).

Jumlah DPD 5 :

OKU, Muara Enim, OKU Timur, Palembang, Muba.


13. DPW Riau

Jl. Riau Ujung No. 77-H Tampan Pekanbaru Riau 28292
Telp : 0761-7676404 (Denny Supriyanto)

Jumlah DPD 2 :

Siak Sri Indra Pura, Rokan Hulu.


14. DPW KEPRI

Perumahan Taman Sari Blok G. No. 5 Tiban Baru Kec. Sekupang – BATAM
Telp : 085760688814 (Sorgana Fa’iq)

Jumlah DPD 1 :

Batam.


15. DPW Kalimantan Timur

Jln. A. Yani RT 08 No. 31.
Telp : 08525610870 (Harmono)

Jumlah DPD 2 :

Samarinda, Balikpapan.


16. DPW Sulawesi Selatan

Todopuli VI, Jl. Borong Indah, Perum Pondok Asri Blok A No 1 Makasar
Telp : 08164396688 (Eman Suherman)


17. DPW Nusa Tenggara Timur

Jl. Kenari Naikoten 1, Pasar Inpres Kupang, Nusa Tenggara Timur
Telp : 081353955436 (Zazuri)




Perwakilan ORSHID Luar Negeri
1. Malaysia

Sutera Liner Sdn Bhd. Ekspres Sutera Office & Workshop no. 361
Jl. Sungai Mulia, Batu 5, Gombak 53100
Kuala Lumpur – Malaysia
Telp : (60) 169049388 (Haji Abd. Rahim Muhammad)


2. Singapore

Blk 442 Pasir Ris Drive 6#04-40 Singapore 510442
Telp : (65) 961 763 60 (Faisal)