Thoriqoh Shiddiqiyyah

 

VISI :
Pemanfatan teknologi informasi untuk syiar Shiddiqiyyah

MISI :
Mendukung penerapan dan pengembangan teknologi informasi (IT)  di lingkungan Shiddiqiyyah.

 

LATAR BELAKANG

Berawal dari sebuah  forum  diskusi  virtual  (Mailing List) di dunia maya/internet yang kemudian dinamakan Milis Ploso didirikan pada tanggal 13 Juli 2000 beralamat di :

http://groups.yahoo.com/group/ploso

Diprakarsai oleh  beberapa kader Shiddiqiyyah, untuk mewujudkan sarana komunikasi, berbagi informasi dan bertukar pikiran bagi warga Thoriqoh Shiddiqiyyah di seluruh Indonesia.

Melalui forum milis ini para warga Shiddiqiyyah dapat bersilaturrahmi setiap hari dan berbagi informasi dengan cepat. Berita-berita terkirim ke seluruh anggota dengan seketika dan dengan biaya murah.

Dalam perkembangannya, pada 27 Ramadhan 1422H, milis Ploso telah melahirkan situs internet  (website) Shiddiqiyyah, beralamat di www.shiddiqyyah.org. Saat ini anggota milis ploso berjumlah 144 orang yang berdomisili di dalam dan luar negeri. Kota-kota dimana warga Shiddiqiyyah terhubung melalui silaturahmi internet ini diantaranya Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Kudus, Pekanbaru, Medan, Makassar, Malang, Ungaran, Lumajang, Madiun, Solo, Pasuruan, Bogor, Lampung, Batam, Melbourne, Hiroshima.

Meski kegiatan ini sudah berkembang pesat dan berjalan lestari selama 4 tahun, belum ada wadah formal untuk kegiatan ini.

Atas dasar perkembangan di atas, serta kemanfaatan yang sudah terbukti, sudah dirasakan dan keinginan untuk melestarikan barokah yang didapat, maka seluruh anggota milis memusyawarahkan  dan memutuskan untuk membentuk lembaga sebagai wadah, dengan harapan, timbulnya wadah akan membuat kegiatan ini semakin barokah dan semakin lestari.

Tasyakuran Peresmian LTIS diselenggarakan di Ploso pada 17 Rojab, 1425 H / 2 September 2004.

 

DIVISI LTIS saat ini tersusun menjadi 3:

1. DIVISI WEBSITE

Tujuan:
Mengelola dan mengembangkan situs resmi Shiddiqiyyah www.shiddiqiyyah.org.

2. DIVISI MAILING LIST

Tujuan:
Mempererat ukhuwah Islamiyah diantara murid Shiddiqiyah, menerima informasi/berita/himbauan/ instruksi penting dari Mursyid thoriqoh Shiddiqiyyah bagi warga thoriqoh Shiddiqiyyah yang tersebar di dalam dan di luar negeri.

Syarat Menjadi Anggota:

  • Beragama Islam
  • Minimal sudah mengikuti baiat Jahar (pelajaran pertama Dzikir Jahar Nafi Isbat)
  • Mampu mengoperasikan komputer dan internet serta memiliki e-mail account sendiri
  • Menjadi anggota milis ploso

3. DIVISI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

Tujuan:
Mengembangkan dan memberdayakan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi di lingkungan Thoriqoh Shiddiqiyah. 

Program Kerja:
1. Membantu penyelenggaraan pelatihan-pelatihan penguasaan komputer (software dan atau hardware) dan internet bagi warga Shiddiqiyyah pada umumnya.
2. Mengadakan sosialisasi pengetahuan teknologi komputer dan internet kepada warga Shiddiqiyyah dalam bentuk diskusi panel, sarasehan, lokakarya.